ATASI LENGAN BESAR

Sekilas Tentang Lengan Besar



Lengan besar dan bergelambir adalah masalah untuk mereka yang memiliki kelebihan berat badan dan cukup sulit untuk dihilangkan. Lengan yang bergelambir dan besar disebabkan karena adanya tumpukan lemak dalam jaringan kulit lengan yang menutupi otot didalamnya. Dalam lengan manusia terdapat tiga jenis otot yang utama yakni deltoid, trisep dan bisep. Ketiga otot ini bersinergi saat kamu menggerakkan tanganmu.
Dilansir dari situs WebMD.com, lengan yang besar dan berlemak biasanya terjadi karena lengan jarang digunakan untuk bergerak dan otot pada lengan tidak dilatih dengan baik. Latihan otot lengan secara tidak langsung akan membantu membakar kalori dan lemak yang ada pada lengan sehingga efektif untuk mengecilkan bagian tubuh tersebut.

3 Penyebab Lengan Besar Dan Bergelambir

1. Lemak Tubuh

Pola hidup yang tidak sehat dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak atau berkarbohidrat tinggi dapat meningkatkan jumlah sel lemak atau sel adiposa dalam tubuh. Sel lemak inilah yang akan disimpan dalam kulit dan semakin lama akan semakin menumpuk jika seseorang tidak mengendalikan berat badannya. Otomatis, untuk menghilangkan lemak yang ada pada lengan, kamu harus pandai mengontrol asupan makanan dan membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

2. Usia

Selain lemak tubuh, usia juga merupakan faktor yang menyebabkan seseorang memiliki lengan yang besar dan bergelambir. Sebuah studi menyebutkan bahwa semakin tua seseorang maka jaringan kulit juga akan mengendur dan berkurang kekencangannya. Masalah lengan besar dan bergelambir karena faktor usia memang akan sulit dihilangkan secara alami dan hanya bisa diatasi dengan teknik bedah plastik.

3. Perubahan Hormon

Sebuah studi menyebutkan bahwa perubahan kadar hormon dalam tubuh terutama menurunnya kadar testosteron juga merupakan penyebab lengan besar dan bergelambir terutama pada wanita. Meski demikian, para ahli menyatakan bahwa kadar hormon testosteron bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi lebih banyak protein dan berolahraga. Lain halnya dengan testosteron, kenaikan kadar estrogen pada wanita justru menyebabkan lengan bertambah besar dan nampak bergelambir.

 Cara Mengecilkan Lengan Yang Efektif Dan Ampuh

1. Konsumsi Makanan Alami

Mengkonsumsi makanan alami yang kaya serat, protein, vitamin dan mineral dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu proses pengecilan lengan secara efektif. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan alami seperti buah-buahan dan sayur memiliki resiko kenaikan berat badan yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Seperti yang kita ketahui, kenaikan berat badan dan tumpukan lemak dalam tubuh adalah salah satu faktor penyebab membesarnya lengan.

2. Atur Waktu Makan

Constance Brown-Riggs seorang ahli nutrisi dan juru bicara National Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan dalam situs Livescience.com bahwa mengatur waktu makan dan makan diwaktu yang tepat dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Hal ini juga telah dibuktikan oleh beberapa studi yang dilakukan oleh para peneliti. Jadi, untuk mendapatkan berat badan ideal dan menghilangkan lemak di area tubuh termasuk lengan, kamu harus mengatur waktu makan dengan baik. Makan sedikit dan sering, 3 hingga 5 kali sehari dapat membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan lenganmu.

3. Lakukan Latihan Secara Rutin



Latihan atau olahraga tentunya dibutuhkan untuk membakar lemak yang menumpuk disekitar lengan atau bagian tubuh lainnya. Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Bruce Spiegelman, seorang profesor dari Harvard Medical School dan timnya yang diterbitkan dalam Jurnal Nature melaporkan bahwa saat berolahraga, tubuh akan melepaskan suatu hormon yang disebut Irisin. Hormon irisin inilah yang akan membantu membakar timbunan lemak dalam tubuh. Selain itu, otot dalam tubuh juga akan membutuhkan energi saat beraktifitas dan ketika berolahraga, otot akan menggunakan sumber tenaga dari lemak yang tersimpan dalam tubuh tersebut.

4. Perbanyak Konsumsi Cairan

Memperbanyak konsumsi cairan juga harus dilakukan jika kamu ingin menurunkan berat badan dan mengurangi ukuran lenganmu yang besar. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak cairan atau meminum air secara teratur dapat mengurangi nafsu makan sekaligus membantu tubuh mengontrol asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Tidak hanya itu, sebuah studi juga menyimpulkan bahwa meminum air dapat membantu mempercepat pembakaran lemak dan kalori. Untuk 0,5 liter air yang diminum tubuh akan membakar setidaknya 23 kcal. Lumayan kan?

5. Jangan Lewatkan Sarapan

Sarapan tentunya sangat penting untuk mengontrol berat badan dan merupakan salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif. Sarapan yang sehat dapat membantu tubuh terhindar dari lapar dan makan berlebihan disiang harinya. Pastikan kamu memilih menu sarapan sehat yang kaya protein dan serat serta mengandung karbohidrat dalam takaran yang cukup. Milton Stokes, RD, MPH, alhi gizi dari Rumah Sakit St. Barnabas New York City dalam situs WebMD.com menyebutkan bahwa mereka yang melewatkan sarapan akan mengkonsumsi lebih banyak kalori saat makan siang dan makan malam.

6. Hindari Snack Tidak Sehat

Mengkonsumsi snack yang tidak sehat seperti junk food, makanan manis dan cemilan berkalori tinggi lainnya dapat menyebabkan tumpukan lemak semakin sulit dihilangkan. Jika kamu ingin mengkonsumsi cemilan, pilihlah cemilan sehat seperti buah atau kacang-kacangan yang tidak beresiko meningkatkan berat badanmu.



Comments

Popular posts from this blog

MAKANAN YANG BAIK UTK DIET

KURUS MASA PUASA

LEMAK TEPU & LEMAK TAK TEPU