KURANGKAN NAFSU MAKAN

Cara Menghilangkan Nafsu Makan yang Mudah


 untuk Dilakukan Menahan rasa lapar akan terasa sulit jika menghadapi berbagai godaan berupa makanan dan cemilan yang menggugah selera dan menarik perhatian, untuk itulah motivasi yang kuat merupakan salah satu kunci menahan diri untuk makan. Mari kita simak apa saja cara menahan nafsu makan sederhana di bawah ini!

 1. Alihkan perhatian Anda Cara menghilangkan nafsu makan pertama yang akan kita bahas adalah dengan mengalihkan perhatian Anda. Bagi orang yang memiliki nafsu makan yang besar, keinginan untuk makan dapat timbul setiap waktu. Untuk itu jika Anda merasa lapar Anda bisa mengalihkan perhatian Anda dengan melakukan aktivitas lain. Anda bisa mencoba melakukan aktivitas-aktivitas yang Anda sukai seperti menonton film, mendengarkan musik atau membaca buku.

 2. Perhatikan isi kulkas Anda Berikutnya adalah perhatikan isi kulkas Anda, seperti yang sudah dibahas sebelumnya menahan rasa lapar akan sangat sulit jika banyak godaan di sekitar Anda. Salah satu godaan berarti bagi pencinta makanan adalah isi kulkas yang begitu banyak dan beragam. Jika isi kulkas Anda tidak menarik atau bahkan kosong maka keinginan makan Anda tidak akan terlaksana. Berhentilah membeli makanan-makanan dan cemilan untuk mengisi kulkas Anda. Cara menghilangkan nafsu makan yang satu ini dianggap sangat ampuh terutama bagi mereka yang menyukai cemilan ketika lapar.

 3. Makan perlahan Cara menghilangkan nafsu makan berikutnya adalah dengan makan secara perlahan, karena pada dasarnya otak kita membutuhkan waktu untuk menerima signal dari sistem pencernaan kita bahwa perut kita sudah terisi penuh. Untuk itu berusahalah untuk mengkonsumsi secara perlahan dan tidak terburu-buru, agar Anda dapat merasa kenyang tanpa harus menambah porsi makanan Anda.

 4. Atur jadwal makan Cara berikutnya adalah atur jadwal makan Anda, jangan sampai Anda melewatkan waktu makan setiap harinya. Hal ini disebabkan banyak orang yang melewatkan jadwal makannya, kemudian menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi yang lebih besar. Kebiasaan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar juga merupakan salah satu kebiasaan yang harus dihindari oleh setiap orang yang memiliki nafsu makan yang tinggi. 

5. Konsumsi air putih Cara menghilangkan nafsu makan berikut ini merupakan salah satu cara sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan. Untuk mencegah Anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan ataupun cemilan saat lapar, Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi air putih. Bawalah air putih ataupun air mineral kemanapun Anda bepergian sehingga disaat rasa lapar datang Anda bisa meredakannya dengan hanya mengkonsumsi air putih saja. Konsumsi air putih sebelum mengkonsumsi makanan juga bisa menjadi tips untuk mengurangi nafsu makan, karena perut Anda sudah diisi dengan air maka ruang yang tersisa bagi makanan menjadi berkurang. Baca juga: Cara Diet dengan Air Putih untuk Turunkan Berat Badan.

 6. Konsumsi makanan penahan rasa lapar Berikutnya merupakan cara menghilangkan nafsu makan yang banyak disukai, karena Anda tetap diperbolehkan makan. Akan tetapi makanan yang dikonsumsi di dalam anjuran ini merupakan jenis makanan yang memang diketahui memiliki kandungan tertentu guna menahan rasa lapar Anda. Pertama kita akan membahas mengenai buah apel, jenis buah yang satu ini diketahui memiliki khasiat untuk menekan rasa lapar. Dengan mengkonsumsi apel, maka proses penyerapan kalori dan glukosa di dalam saluran cerna akan berlangsung lama.

Hal inilah yang menyebabkan perut Anda tetap terasa penuh dan Anda akan tetap merasa kenyang. Mekanisme yang sama terjadi jika Anda mengkonsumsi karbohidrat kompleks, seperti saat Anda mengkonsumsi nasi merah atau gandum. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi jenis makanan lain seperti kacang-kacangan dan juga makanan-makanan kaya serat seperti sayur-sayuran dan juga buah. Anda juga bisa memilih green tea sebagai pilihan minuman, green tea diyakini memiliki kandungan berupa EGCG (Epigallocatechin gallate) yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan mampu meningkatkan hormon CCK (Cholecystokinin) yang bisa memberikan rasa kenyang.

Comments

Popular posts from this blog

MAKANAN YANG BAIK UTK DIET

KURUS MASA PUASA

LEMAK TEPU & LEMAK TAK TEPU