Skip to main content

PENYEBAB STRETCH MARK

Apa Penyebab Stretch Mark Muncul di Kulit?

Apakah anda memiliki stretch mark pada tubuh? Fenomena ini sangat wajar kok bagi setiap orang, terutama yang sering memilikinya adalah wanita yang sedang dalam masa kehamilannya. Stretch mark merupakan guratan pada kulit akibat lemak terkonsetrasi pada bagian tubuh tertentu, lebih simplenya ketika kulit  meregang lebih cepat karena anggota tubuh mengembang atau pertambahan berat badan, lapisan dermis (tengah kulit) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan kulit dan timbulah stretch mark.
Guratannya bisa terlihat dari warna merah sampai akhirnya berubah menjadi warna putih kelabu, tergantung warna kulit anda. Bagi orang tertentu timbulnya stretch mark pada bagian tubuh tertentu bisa membuat orang tidak pede, bisa mengurangi penampilan. Nah oleh karena itu, sekarang kita cari tahu yuk apa saja penyebab stretch mark ini muncul.

Penyebab Stretch Mark

Penyebab Stretch Mark

1. Kurangnya Kolagen
Salah satu penyebab munculnya stretch mark adalah kurangnya kolagen dalam tubuh kita. Kasus seperti ini orang yang biasanya mempunyai kulit yang lentur akibat kurangnya protein atau kolagen sehingga bila meregang dengan cepat bisa menimbulkan stretch mark.
2. Keturunan
Tidak bisa dipungkiri kalau faktor keturunan juga merupakan salah satu penyebab munculnya stretch mark, misalnya riwayat keluarga kita mempunyai stretch mark, kemungkinan besar anda juga bisa terkena stretch mark.
3. Ketidakseimbangan hormon
Penyebab stretch mark yang lainnya yaitu ketidakseimbangan hormon. Hal ini sering terjadi saat-saat mengalami pubertas, despresi, kehamilan, serta pengunaan berlebihan pada obat-obat tertentu seperti obat yang mengandung kortikosteroid yang tidak tepat. Kortikosteroid umumnya digunakan untuk menangani kondisi kulit tertentu seperti eksim.
4.Kenaikan Berat Badan Yang Mendadak
Seperti yang telah dijelaskan di atas, faktor umumnya penyebab stretch mark muncul di kulit disebabkan oleh kenaikan berat badan yang mendadak dan sangat banyak, sehingga kulit merenggang secara cepat dan mendadak mengakibatkan lapisan dermis (tengah kulit) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan kulit. Yuk, mulai sekarang kita jaga pola makan kita secara benar dan teratur, harus diingat bahwa pola makan yang kurang teratur seperti makan berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara mendadak dan tentunya akan menyebabkan munculnya stretch mark pada kulit badan kita.
Nah itulah penyebab secara umum mengapa stretch mark muncul pada kulit, apakah stretch mark berbahaya? Tentu saja tidak, stretch mark bisa dihilangkan dengan seiringnya waktu atau menggunakan obat atau vitamin tertentu, nah semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yah, terus tetap update informasi tentang kulit kalian yah. Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

MAKANAN YANG BAIK UTK DIET

KURUS MASA PUASA

LEMAK TEPU & LEMAK TAK TEPU